Loading...

News

Our latest News

BERBASIS TEKNOLOGI, KONSEP SMART LIVING BERKEMBANG DI INDONESIA

https://www.inews.id/techno/read/107429/berbasis-teknologi-konsep-smart-living-berkembang-di-indonesia?sub_slug=sains

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominf) telah mencanangkan gerakan menuju 100 kota pintar (smart city). Tak heran banyak kota dan daerah berlomba-lomba membangun smart city.

Pembangunan kota dengan pengedepanan smart city saat ini menjadi isu hangat. Maraknya pembahasan dan ide-ide ini berasal dari penilaian pemerintah atas kemampuan pembangunan smart city dalam mengatasi banyak masalah di setiap kota, baik kamacetan, keamanan warga, sampai penumpukan sampah.

Penekanan pembangunan smart city dengan penggunaan teknologi dan informasi dalam kehidupan sehari-hari diharapkan menjadikan kota dapat melayani warga dan menghadirkan solusi bagi permasalahan di daerah.

Hal ini disambut baik para pengembang terutama di kota-kota mandiri dengan membangun hunian berkonsep smart living. Salah satunya, NavaPark di kawasan BSD City, Tangerang. Mereka menghadirkan cluster premium dengan fasilitas yang menjadi benchmark dari konsep higher living.

Dalam hal ini NavaPark mengembangkan Private Botanical Park, dibuat khusus bagi penghuni NavaPark yang dilengkapi CCTV untuk keamanan aktivitas penghuni dalam taman, dan fasilitas berbasis teknologi.

Pembangunan tahap 1 direncanakan selesai pada Q1-2019 dan segera menjadi fasilitas terdepan yang dapat dinikmati penghuni.

Konsep Botanical Park mengambil inspirasi dari Bishan Park di Singapura yang dirancang oleh desainer yang sama, yaitu Ramboll Studio Dreseitle dari Jerman. Botanical Park memiliki tiga konsep besar, Wet Land, zona yang menjadi kawasan habitat burung. Meandering River, zona aktif bagi keluarga di segala usia, dan Serenity Lake, zona tenang dan rileks.

“Di Botanical Park, akan ditanam lebih dari 1,500 pohon dari 100 spesies yang berbeda. Wet Land merupakan area dimana pohon-pohon ini akan mengundang habitat burung untuk mendiami kawasan. Dihadirkan pula Viewing Deck setinggi enam meter, di mana keluarga dan anak-anak dapat menikmati view panorama serta burung-burung di keseluruhan taman dari ketinggian,” ungkap Project Director NavaPark, Richard Oh.

Zona Meandering River merupakan zona aktif bagi segala usia, Adventure Park bagi anak-anak berupa Spider Web, Adventure Sliding, Sand Playground, Camping Site untuk keluarga serta Flying Kite playground. Selain itu ada Plaza dan amphitheatre untuk beragam aktivitas berkelompok, Artificial Hills dan Outdoor Fitness.

Zona Serenity Lake merupakan tempat kita mendapatkan ketenangan dan kedamaian dengan area relaxing di depan danau buatan, sangat cocok untuk melakukan yoga dan meditasi.

Dari segi infrastruktur yang istimewa adalah NavaPark membangun Private Cycling Lane, dari area Botanical Park terkoneksi langsung menuju The Breeze dan Green Office Park melalui tunnel. Penghuni NavaPark dapat menikmati beragam resto lifestyle dan retail yang ada di The Breeze maupun menuju perkantoran CBD di Green Office Park yang ada di seberangnya, tanpa harus menggunakan mobil keluar kawasan.